Senin, 07 Oktober 2013

Jurnal Teknologi Informasi

Mata kuliah : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Dosen : Fera Putri Ayu Lestari,S.Kom
Tanggal : 7 Oktober 2013
Topik : Ms.Word
Subtopik : Membuat buku
Metode : Praktek



Membuat buku melalui Ms.Word
1. Membuat cover
2. Membuat watermark
3. Membuat Daftar isi
4. Membuat pendahuluan dengan model kolom koran dan dropcap
5. Membuat Isi yang dalamnya terdapat tabel, equation, bullets, footnote
6. Membuat header dan footer
7. Membuat biografi dan gambarnya

1. Membuat cover
  1. Pada Insert tab, Pages group, klik Cover Page untuk menampilkan galeri template cover page.
  2. Klik salah satu template yang diinginkan. Cover page akan otomatis ditempatkan di halaman pertama dokumen.
    Cover Page - Word 2007
  3. Jika ingin menempatkannya di halaman lain: pada galeri klik kanan thumbnail cover page dan klik pilihan yang diinginkan.
    Insert Cover Page di Halaman Lain
  4. Isi informasi pada field di cover page seperti judul, sub judul, dan lain-lain. Untuk membuat tanggal, klik tanda panah dan pilih tanggal pada kalender.
    Field Cover Page
  5. Beri gaya format yang diinginkan (bold, italic, underline) atau ganti warna dan ukuran font.
  6. Beberapa template cover page menyediakan gambar, bila ingin menggantinya, klik kanan pada gambar dan pilih Change Picture.
    Mengganti Gambar Cover Page
  7. Bila tidak tersedia gambar, kita dapat menambahkan gambar dengan cara: pada Insert tab, Illustration group, klik Insert Picture.
    Anda dapat memperoleh kumpulan gambar menawan di artikel ini: 20 Websites untuk Download Gambar Gratis.
  8. Klik tombol Save untuk menyimpan cover page.
  9. Jika ingin menyimpannya ke galeri agar dapat digunakan lagi, ikuti cara berikut:
    1. Pilih seluruh isi cover page.
    2. Pada Insert tab, klik Cover Page dan pilih Save Selection to Cover Page Gallery.
    3. Pada kotak dialog Create New Building Block, beri nama cover page di kotak Name dan klik OK.
  10. Untuk menghapus cover page: Pada Insert tab, klik Cover Page dan pilih Remove Current Cover Page.

Contoh-Contoh Cover Page

  • Cover page ini menggunakan page border, shape, dan gambar Floral Collage 5 sebagai hiasan.
    Contoh Cover Page 1
  • Cover page ini menggunakan page border dan gambar sebagai hiasan serta logo.
    Contoh Cover Page 2
  • Cover page ini menggunakan variasi bentuk shape sebagai hiasan.
    Contoh Cover Page 3
  • Cover page ini menggunakan page color, shape, dan text box sebagai hiasan.
    Contoh Cover Page 4

2. Membuat watermark 

Cara Membuat Watermark dari Teks

Catatan: Watermark hanya bisa dilihat di tampilan Print Layout dan Full Screen Reading.
  1. Pada Page Layout tab, Page Background group, klik Watermark.
    Page Background
  2. Lakukan hal berikut:
    • Jika ingin menggunakan watermark yang sudah tersedia di galeri, seperti teks Confidential atau Do Not Copy, klik pada teks tersebut.
    • Jika ingin membuat teks tersendiri, klik Custom Watermark untuk membuka kotak dialog Printed Watermark.
      Printed Watermark Dialog Box
    • Klik Text watermark dan lakukan hal berikut:
      1. Klik pada kotak di samping Text, ketik teks yang diinginkan.
      2. Atur format pada Font (tipe font), Size (ukuran), dan Color (warna).
      3. Atur Layout watermark.
      4. Klik OK bila sudah selesai.

Cara Membuat Watermark dari Gambar

  1. Pada Page Layout tab, Page Background group, klik Watermark.
  2. Klik Custom Watermark untuk membuka kotak dialog Printed Watermark.
  3. Klik Picture watermark, dan kemudian klik Select Picture.
  4. Pilih gambar yang diinginkan dan kemudian klik Insert.
  5. Atur persentase ukuran gambar pada Scale.
  6. Centang kotak Washout agar warna gambar lebih transparan sehingga tidak mengganggu teks pada dokumen.
  7. Klik OK bila sudah selesai.

Cara Membuat Watermark di Halaman Tertentu

Untuk membuat watermark di halaman tertentu saja kita perlu memisahkan dokumen dengan cara membuat section.
Contoh pada gambar, dokumen terdiri dari 3 section dan kita akan membuat watermark di section 2 saja.
Watermark di halaman tertentu

Ada 3 tahap yang perlu dilakukan sebagai berikut:
  1. Membuat Section Break
    • Buat 3 buah section break dengan cara berikut: pada Page Layout tab, Page Setup group, klik Breaks, dan klik Next Page di bagian Section Breaks.

  2. Menghapus Link Antar Section
    Sekarang kita akan menghapus link antar section supaya watermark tidak muncul di section 1 dan 3.
    1. Klik ganda pada bagian header/footer section 1 untuk memunculkan Header & Footer Tools.
    2. Pada Header & Footer Tools, Design tab, Navigation group, pada bagian Header dan juga Footer nonaktifkan Link to Previous dengan cara mengkliknya supaya header/footer antar section tidak berhubungan.
      Navigation Tab
    3. Ulangi langkah- langkah di atas untuk section 3.
      Tip: Anda dapat berpindah antara Header dan Footer dengan mengklik Go to Header atau Go to Footer. Untuk berpindah antar section, klik Previous Section atau Next Section.

  3. Membuat Watermark
    1. Klik ganda pada bagian header/footer di halaman yang ingin ditempatkan watermark, yaitu pada section 2.
    2. Pastikan bagian header/footer tetap aktif dan klik Page Layout tab, Page Background group, klik Watermark. Lakukan langkah-langkah membuat watermark seperti contoh di atas.

Cara Merubah atau Mengedit Watermark

  1. Pada Page Layout tab, Page Background group, klik Watermark.
  2. Klik Custom Watermark untuk membuka kotak dialog Printed Watermark.
  3. Buat perubahan yang diinginkan.
  4. Bila ingin menghapus watermark yang sudah ada, klik No watermark dan buat watermark yang baru.
 Cara Menghapus Watermark
  1. Pada Page Layout tab, Page Background group, klik Watermark.
  2. Klik Remove Watermark.

3. Membuat Daftar isi 

Cara Membuat Daftar Isi Dengan Titik-titik Rapi di MS. Word




Daftar Isi merupakan halaman penting dalam suatu karya tulis ilmiah, baik berupa makalah, skripsi, tesis, disertasi, buku, dan karya tulis ilmiah lainnya, karena dengan adanya halaman ini, memudahkan bagi pembaca untuk menemukan topik tertentu dalam sebuah karya tulis ilmiah. Selain itu, dengan Daftar Isi pula, memudahkan pembaca untuk mempelajari pokok-pokok bahasan dari sebuah karya tulis yang akan dibacanya. Namun demikian, mungkin ada orang yang kebingungan ketika harus membuat sebuah daftar isi agar baik dan rapi, terlebih harus merapikan posisi titik-titik dalam sebuah halaman daftar isi.
Berikut adalah cara membuat titik-titik pada daftar isi agar terlihat rapi menggunakan Microsoft Office 2007
Bukalah program microsoft office sehingga muncul lembar kerja yang masih kosong. Lalu, pastikan batang “ruler” yang ada pada lembar kerja dalam keadaan aktif. Jika belum aktif, aktifkan dengan memilih menu “view” lalu beri centang pada “ruler”,

Cara Membuat Daftar Isi Dengan Titik-titik Rapi di MS. Word

Ketikkan “DAFTAR ISI”. Pada baris kedua, ketikkan “KATA PENGANTAR”
Pada posisi kursor sebaris dengan KATA PENGANTAR, klik pada area batang ruler yang berwarna putih sehingga muncul tanda seperti huruf “L” berwarna hitam. Buatlah tanda tersebut sebanyak 2 buah, dan aturlah posisinya seperti gambar berikut:

Cara Membuat Daftar Isi Dengan Titik-titik Rapi di MS. Word

Langkah selanjutnya adalah klik dua kali tanda “L” yang pertama yang berwarna hitam di atas hingga muncul jendela Tab seperti di bawah ini:

Cara Membuat Daftar Isi Dengan Titik-titik Rapi di MS. Word

Lalu aturlah hal-hal sebagai berikut :
Nilai pada tab stop position abaikan
Nilai pada default tab stops abaikan
Pada Alignment klik “Right”
Pada Tab Leader pilih No.2
Lalu Klik tombol Set
Lalu Klik OK
Setelah itu, perhatikan bahwa tanda “L” yang pertama berganti posisi menjadi seperti “L” terbalik sebagaimana gambar berikut:

Cara Membuat Daftar Isi Dengan Titik-titik Rapi di MS. Word

Langkah selanjutnya, masih pada posisi kursor sebaris dengan KATA PENGANTAR, pada papan keyboard tekan tombol Tab, sehingga posisi kursor meloncat pada tanda “L” terbalik, Maka secara otomatis akan muncul titik-titik sebagaimana gambar berikut :

Cara Membuat Daftar Isi Dengan Titik-titik Rapi di MS. Word










 http://www.blogger.com/blogger.g?blogID=8742446158584591058#editor/target=post;postID=6320254394631134342;onPublishedMenu=allposts;onClosedMenu=allposts;postNum=0;src=link

4. Membuat pendahuluan dengan model kolom koran dan dropcap

Drop Cap
Pernahkan Anda melihat ada suatu paragraf yang salah satu huruf depannya lebih besar 2 atau 3 baris dari ukuran tulisan normal dalam paragraf? Itu dalam Mikrosoft Word dinamakan Drop Cap (suatu huruf besar yang dimulai pada permulaan suatu paragraf dan mengisi beberapa baris dari halaman). Drop Caps bisa ditambahkan ke dalam dokumen sebagai pemanis paragraf, sehingga dokumen Anda terlihat lebih profesional. Berikut ini langkah-langkah membuatnya :
  • Blok teks - Klik menu Format - Drop cap
  • Pilih tampilan Drop Cap pada Posision
  • Atur Ukuran Drop Cap pada kotak Line to Drop
  • Atur jarak Drop Cap dengan teks berikutnya pada kotak Distance from text
  • Klik Ok
Kolom Koran, Untuk membuat dokumen menjadi kolom-kolom seperti pada koran atau tabloid bisa menggunakan menu format - Columns. ada dua cara yang bisa kita pilih. yang pertama kita bisa menngetik paragraf baru memformatnya menjadi kolom koran, atau kita memformat terlebih dahulu baru mengetik paragraf yang akan dijadikan kolom koran. Berikut ini akan kita bahas ke dua langkah tersebut :

1. Mengetik Paragraf terlebih dahulu
  • Ketik naskah, kemudian paragraf yang akan dibuat kolom koran
  • Klik menu Format - Columns
  • Pilih tampilan kolom koran pada options presets (jika menginginkan jumlah kolom tertentu, isikan jumlah kolom pada kotak number of columns)
  • Beri tanda Centang pada line between jika ingin menampilkan garis pembatas diantara kolom.
  • Klik Ok.
Catatan :
Untuk paragraf terakhir blog paragrafnya harus pas, jika dengan cara blok tidak dapat dilakukan, kita dapat menggunakan cara penguncian, caranya :
  • Letakan kursor pada baris pertama paragraf yang akan dibuat kolom koran
  • Klik menu Insert - Break - Continuous
  • Letakan kursor pada paris terakhir
  • Klik menu Insert - Break - Continous
  • Letakan kursor di tengah paragraf
  • Klik menu format - Columns
  • lakuakn seting kolom koran yang anda inginkan.
2. Memformat terlebih dahulu
  • Letakan kursor pada area yang akan kita ketik
  • klik menu format - Columns
  • Atur format kolom seperti langkah 1.
  • pada kotak Apply to, pilih this point forwar - Ok
Catatan
Untuk dapat berpidah ke kolom berikutnya : klik menu insert - Column Break - Ok.
Untukmembuat type kolom yang berbedaklik kembali menu format - Columns dan lakukan lagi penyetingan seperti langkah 2.

Selain mengunakan format - Columns, Teks bergaya kolom koran juga bisa dibuat melalui icon Columns pada toolbar dengan cara :
  • Blog paragraf yang akan dibuat kolom koran
  • Klik icon Columns pada toolbar formating
  • Drag mouse kearah kanan untuk menentukan jumlah kolom yang diinginkan 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar